Yuk…cek data SIMPATIKA anda sekarang !

Posted on Updated on

nuptk-baruAssalammu’alaikum Wr. Wb.

SIMPATIKA, adalah salah satu aplikasi pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha), bahkan pendataan siswa dan kurikulum.

Menjadi sangat penting karena hal berikut ini :

  • Pengajuan NUPTK Baru

Sebelum kepada tahapan ini, setiap PTK baru harus didaftarkan terlebih dahulu untuk memiliki PEG.ID. Ini adalah identitas awal seorang PTK pada aplikasi SIMPATIKA.

Jika program pengajuan NUPTK baru telah dibuka, maka syarat utamanya adalah PTK harus memiliki Peg.Id dan terdata aktif pada SIMPATIKA.

Tetapi hingga saat ini, program ini masih belum dibuka. Jadi harap bersabar….

  • Proses NPK (Nomor Pendidik Kemenag)

NPK memiliki fungsi yang hampir sama dengan NUPTK. Ini adalah produk resmi dari Kemenag untuk memfasilitasi para PTK yang belum memiliki NUPTK. Untuk beberapa program seperti Jafung dan mungkin nanti Sertifikasi dapat menggunakan NPK sebagai syarat utama.

NPK dikeluarkan secara otomatis oleh sistem SIMPATIKA dengan persyaratan PTK sudah S1 dan terdata 2 tahun (4 semester) aktif berturut-turut. Kami informasikan, bahwa ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan produk hukum yang berlaku di lingkungan Kemenag.

  • Program Sertifikasi Guru

Database peserta sertifikasi guru (sergur) diperoleh dari sebuah aplikasi yang dinamakan AP2SG. Aplikasi AP2SG tersebut memiliki akses kepada SIMPATIKA untuk mengambil database sesuai persyaratan yang berlaku.

Jadi, bagi yang belum tersertifikasi, pastikan data anda aman dengan cara selalu mengecek atau memperbaharui data anda sendiri pada Login PTK masing-masing, karena anda telah diberikan hak akses / akun dan password untuk mengaksesnya. Karena kita semua tidak tahu waktunya kapan AP2SG akan “menyedot” database SIMPATIKA.

  • Dasar / syarat utama untuk pencairan Jafung, Sertifikasi hingga Infassing.

Agenda-agenda rutin pada SIMPATIKA merupakan awal dari proses-proses lainnya yang lumayan panjang bagi seorang operator untuk menghasilkan data yang sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Adapun agenda rutin persemester antara lain upload siswa, updating data PTK, penjadwalan, Verval NRG, Verval Infassing, pengaktifan PTK hingga Kepala Sekolah adalah kegiatan yang berpengaruh besar bagi PTK masing-masing. Karena persyaratan utama pencairan ada pada tahapan ini, yaitu pencetakan SKMT dan SKBK dari aplikasi SIMPATIKA.

Jika SKMT anda dianggap BELUM LAYAK untuk menerima Tunjangan, maka SKBK anda akan dipending/ditahan prosesnya hingga berstatus LAYAK.

 

APA YANG HARUS PTK LAKUKAN SAAT INI ???

Meskipun tidak ada edaran resmi dari pihak kabupaten, provinsi ataupun pusat, kegiatan PTK harus tetap berjalan tanpa komando dari pihak manapun. Antara lain :

  1. Memperbaharui data personal PTK masing-masing. Barangkali ada yang Golongannya sudah berubah, atau status kependudukan dsb.
  2. Mengecek perubahan-perubahan yang telah diajukan ke operator kabupaten, apakah sudah disetujui ataukah belum diproses. Jika belum diproses, agar segera berkoordinasi langsung kepada operator kabupaten. Dimungkinkan ada hambatan dalam proses tersebut.
  3. Bagi yang sudah bersertifikasi : Mengecek hasil VERVAL NRG. Jika ajuan anda masih ditolak, maka akan muncul alasan penolakannya. Alangkah baiknya dibuat laporan tertuliskepada operator kabupaten dengan membawa bukti pendukung, untuk ditelusuri kepada tingkatan yang lebih tinggi.
  4. Bagi yang telah memiliki SK Infassing : Mengecek hasil VERVAL INFASSING. Jika ajuan anda masih ditolak, alangkah baiknya dibuat laporan tertulis kepada operator kabupaten dengan membawa bukti pendukung, untuk ditelusuri kepada tingkatan yang lebih tinggi.

Demikian informasi yang ingin kami sampaikan terkait SIMPATIKA Kemenag Kab.Kuningan.

Semoga bermanfaat, Wassalam…

Advertisements