Guru Kemenag UKG Bulan Desember 2015 ?

Posted on Updated on

FB_IMG_1448158364014

Uji Kompetensi Guru (UKG) Online yang dimulai 9-18 November 2015 yang seharusnya melibatkan 4.285 guru, kepala sekolah dan pengawas Kota Cirebon serta guru sekolah luar biasa (SLB) di delapan tempat uji kompetensi (TUK) di SMKN 1, SMAN 4, SMAN 7, dan SMK Al-Irsyad ternyata tidak seluruhnya diikuti profesi tenaga pendidik.

Guru madrasah ternyata hingga penyelenggaraan keempat atau sampai UKG tahun 2015 belum pernah mengikuti uji kompetensi tersebut. “UKG diselenggarakan Kemendikbud, sedangkan guru madrasah dinaungi Kementerian Agama. Saat ini memang, Kemenag belum siap menerima infrastruktur UKG yang diselenggarakan Kemendikbud. Untuk itu, guru madrasah dan guru pendidikan agama Islam belum mengikuti UKG online,” tutur Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Cirebon Toto Haryanto kepada KC, Rabu (18/11/2015).

Ia mengungkapkan, berdasarkan informasi Rakor Dirjen telah terjadi kesepakatan antara Kemenag dan Kemendikbud untuk melakukan UKG online kepada para guru madrasah. “Sudah ada kesepakatan, direncanakan bulan Desember 2015 akan dilakukan UKG online bagi guru madrasah. Soalnya dari Kemenag yang menguji juga Kemenag.Semoga bisa dilakukan agar guru madrasah juga bisa mengukur kemampuan mereka sebagai profesi pendidik,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana UKG Online Kota Cirebon Uned menerangkan, UKG dilakukan sebagai pemetaan guru sesuai dengan profesinya dan kualifikasi pendidikan dan profesi. Ibarat orang bercermin untuk mengetahui apa yang kurang dalam dirinya, begitulah UKG dilakukan dengan passing grade 5,5. Para guru secara otomatis mengetahui hasilnya.

Pelatihan

“Selanjutnya akan ada pelatihan berjenjang dari hasil UKG. Misal nilai sekitar 0-10 akan diikutkan pelatihan tingkat dasar, sedangkan nilai 55 – 60 bagi tingkat menengah, dan nilai 80 – 90 tingkat diklat. Pelatihan akan dilakukan melalui Pusat Pengembangan Pendidikan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK),” terangnya.

Uned menambahkan, UKG susulan akan digelar sekitar tanggal 7 Desember 2015 bagi para guru yang mengalami kesalahan mata pelajaran saat UKG dan juga berhalangan hadir. “UKG tersebut akan dilakukan di TUK yang sama dengan UKG online sebelumnya. Hanya kita lihat berapa jumlahnya yang mengikuti UKG susulan. Jika sedikit mungkin hanya satu atau dua TUK,” imbuhnya.

SILAHKAN DOWNLOAD KISI-KISI UKG DISINI  =>   DOWNLOAD

Sumber :  Kabar Cirebon

Advertisements