Langkah Aktivasi Ulang Operator Akun Sekolah

Posted on Updated on

Terhitung mulai hari Senin tanggal 21 April 2014 telah dilakukan perubahan mekanisme penggunaan Akun Sekolah yang tadinya bisa digunakan untuk melakukan pengelolaan data sekolah dan PTK menjadi hanya sebagai pengelola Akun Admin/Operator yang ada dibawahnya. Perubahan ini ditandai dengan berubahnya dasboar Admin sekolah ketika Admin sekolah login menggunakan akun sekolah mulai tanggal 21 April 2014 ini. Tidak hanya dasboar Admin sekolah, perubahan sudah terlihat semenjak pengguna membuka dan mengakses halaman login, dimana halaman Login Sekolah terlihat seperti gambar berikut ini :

perubahan 1

Ada 3 jalan untuk login kedalam sistem, yaitu menggunakan Akun SIAP, Akun Facebook dan Akun Twitter. Dan apabila pengguna berhasil Login kedalam sistem, maka perubahan dasboard akun pengguna khususnya akun Sekolah yang didistribusikan melalui Dinas maupun Mapenda berupa NPSN adalah tampilnya halaman pengelola Akun sebagai berikut :

perubahan 2

Pada saat login pengguna Akun Sekolah hanya akan mendapatkan satu layanan yaitu Kelola Akun, sehingga jika pengguna yang login merupakan pemegang Akun Sekolah maka pengguna harus menambahkan data dirinya untuk menjadi Admin/Operator Sekolah untuk bisa melakukan operasional pada layanan SIAP PADAMU Negeri. Artinya nantinya akan ada 1 akun Admin untuk mengelola akun yang menggunakan SIAP Id berupa NPSN, dan ada “beberapa” akun Operator berupa email pengguna yang jumlahnya tergantung berapa email yang akan didaftarkan.

Tujuan fitur baru ini salah satunya adalah untuk mempermudah pengguna dalam pengelolaan akun. Selama ini pengguna menggunakan NPSN sebagai akun Login, tetapi melalui fitur ini, pengguna hanya perlu mengingat email untuk digunakan sebagai akun login. Dan tentu saja hal ini menjadi lebih mudah, sebab operator sekolah dapat terdiri dari beberapa orang, dimana mereka harus menggunakan email masing-masing sebagai akun login. Untuk itu, terlebih dahulu calon pengguna harus mendaftar email mereka terlebih dahulu dilaman http://siapku.com.

Untuk menambahkan Operator Sekolah, maka Admin harus mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Klik tombol Kelola Akun Institusi
  • Pilih menu Kelola Grup Akun > Daftar Anggota Grup Admin

perubahan 3

 

  • Klik icon tambah (+) untuk melakukan penambahan Akun Admin/Operator baru

perubahan 4

  • Masukkan email pribadi dari Operator Sekolah baru yang sudah didaftarkan pada tahap sebelumnya dilaman http://siapku.com pada isian email seperti gambar berikut ini, lalu klik tombol Cek email seperti gambar berikut ini :

perubahan 5

  • Langkah-langkah yang sudah dilakukan diatas, akan menampilkan biodata pengguna baru seperti gambar berikut ini :

perubahan 6

  • Setelah dimunculkan biodata Operator baru tersebut selanjutnya klik tombol Simpan

Setelah tombol simpan diklik, maka sistem akan mengeluarkan dokumen Surat Aktifasi Akun Siap PADAMU NEGERI (S01C) seperti gambar berikut ini :

perubahan 7

Langkah terakhir, lakukan aktivasi akun yang dilakukan pada laman http://padamu.siap.web.id. Klik Login Sekolah, lalu masukkan user dan password akun Operator sekolah yang baru untuk login kemudian dimunculkan halaman aktivasi. Masukkan Kode Aktivasi yang terdapat pada Surat Akun, kemudian klik tombol Aktivasi.

Seterusnya, admin/operator sekolah dapat menggunakan email untuk login ke sistem PADAMU NEGERI untuk melakukan pengelolaan data sekolah. Demikian, semoga bermanfaat.

Alamat email yang dapat digunakan adalah : Nomor PegId/NUPTK milik Operator + @siap.id

Forum PTK

Advertisements